10 Dosa Guru

10 dosa guru adalah kesalahan – kesalahan seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Adapun kesalahan – kesalahan itu adalah :

1. Guru datang tanpa persiapan,

Bila guru datang tanpa persipan dan gagal membuat rencana, berarti ia merencanakan pembelajaran yang gagal

2. Prinsip Guru : Datang, mengajar, tiap bulan terima gaji. ( Guru pasif )

Bila guru menganggap bahwa dia dibayar hanya untuk mejalani rutinitas yang “membosankan” dia keliru. Harus ada target, tindakan, dan perencanaan yang jelas. Bahkan harus meneliti bagaimana hasil lulusannya.

3. Siswa dianggap sebagai “Botol kosong yang perlu diisi” ( bodoh )

Guru adalah orang masa kini. sedangkan murid adalah orang masa depan yang harus dihormati pula kemampuan dan potensi yang dimiliki. Kita guru bertugas untuk mengarahkan dan membimbing potensi mereka agar berkembang

4. Jabatan guru untuk mencari kesejahteraan ekonomi ( Jadi guru karena tidak ada (kerjaan lain )

Guru diharapkan juga tidak menggantungkan penghasilan pada gaji belaka. Banyak bidang usaha yang bisa digeluti namun tidak menghabiskan waktu (dunia usaha investasi)

5. Guru memasang muka garang, yang sok tahu segalanya.

Kita tahu semua bahwa semua orang suka dengan orang yang simpatik, tersenyum, ramah dan bisa dijadikan contoh dalam kehidupan. Murid kita juga sama.

6. Jadi guru less memberi jawaban langsung ( membodohkan murid )

Nah .. ini yang sering terjadi. Mengajar les untuk tambahan gaji. Tapi meleskan muridnya sendiri. Agar murid tertarik dia memberikan jawaban dalam ulangan atau tes sebelum tes itu dimulai .. kacau ..

7. Guru berkata tidak sopan, tidak dapat ditiru dalam perbuatan.

Teko mengeluarkan isinya. Manusia mengeluarkan isi hati dengan kata-katanya. Bila guru berkata jelek maka begitulah hatinya.

8. Guru yang tidak mau maju, tidak terbuka menerima perkembangan

Ya… guru yang ini tipe guru kuno tapi ada dijaman sekarang, yang pantes dia dikirm lagi ke masa purba aja .. heheheh

9. Guru tidak disiplin.

Guru yang kalo disiplin takut … takut dikatakan”terlalu rajin”, “guru teladan”, “guru pateng”, “guru sangar”, “guru pinter”, mereka lebih suka dibilang “guru goblok” dan “guru kelenger” ..

10. Guru memperlakukan siswanya tidak senonoh ( tidak tahu kode etik guru kali !)

Ya …ndak usah dibahas, udah ada dimana-mana tuh.. wong tiap hari sang guru liatnya televisi dan senetron, yang banyak wanita dipertontonkan layaknya binatang -telanjang- “MANA PERAN NEGARA ?”

Hindarkan diri kita …. !!!

rpp, silabus, kkm , berkarakter bangsa , bse buku sekolah elektronik

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar